Apa Artinya SALES?

Be Sociable, Share!

Banyak dari kita yang binggung antara “Sales” dan “Marketing”, dan walaupun kita seorang penjual (sales), kadang kita tetap menggunakan nama “Marketing”. Sebenarnya tidak ada salahnya kita memanggil diri kita seorang SALES. Kenapa?

Sales tidak selalu berarti orang yang kerjanya keliling ke rumah-rumah, atau kedai kopi, dan menawarkan barang, yang biasanya dianggap orang menjengkelkan.

Sales lebih ke sebuah profesi dan ilmu dalam menawarkan suatu produk atau jasa ke pelanggan. Berikut penjelasan arti Sales dalam setiap hurufnya (dikutip dari Milis Komunitas Sales Indonesia – KOMISI)

Apa artinya SALES?

S = Search – artinya mencari prospek atau kustomer.

A = Attracting – artinya menarik minat prospek atau kustomer terhadap barang atau ajasa yang ditawarkan.

L = Listening – artinya mendengarkan koment terhadap produk barang dan jasa, termasuk di sini adalah Learning yaitu mempelajari minat dan kebutuhan kustomer.

E = Emerging – artinya menumbuhkan dan membesarkan motivasi kustomer untuk membeli.

S = Selling dan Service – artinya menjual dan memberikan servis. Setelah terjado penujualan maka jangan lepas tangan krn kalau terjadi keluhan pasca penjualan maka yang pertama kali.dicari kustomer adalah si penjual aka sales.

Demikian sekiranya Se-orang Sales dalam arti sebenarnya dan memiliki tugas yang mulia. Semoga bermanfaat. Silahkan di share kembali jika Anda merasa artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *