Berhenti Menunda dengan Melatih Pikiran Anda

Be Sociable, Share!

Tugas yang paling sulit dalam menyelesaikan To-Do List adalah tugas yang tidak terlihat, yaitu: Memiliki Motivasi melakukan Semuanya. Semakin penting sebuah Tugas, semakin sulit diri kita untuk bahkan memulainya. Sebagai contoh, tugas-tugas yang kita tidak sukai, tetapi penting, di pikiran kita hal-hal yang tidak enak akan terus muncul membuat kita semakin menunda tugas tersebut. Duh saya malas deh nanti harus pergi jauh2 ke sana lagi hanya untuk meminta tanda tangan dokumen ini; Salah satu contohnya.

Salah satu trik untuk melawan masalah ini adalah melalui sebuah teknik seperti halnya pada saat bermeditasi. Caranya:
1. Duduk pada posisi nyaman
2. Bayangkan Tugas yang perlu Anda selesaikan
3. Bayangkan Tahap-Tahap yang akan dilalui
4. Ulangi dari awal hingga akhir

Seperti halnya pada saat bermeditasi, setiap kali pikiran kita melenceng dari fokus, terutamanya pada saat kita membayangkan hal-hal yang tidak kita sukai, Tarik nafas dalam-dalam, dan mulai kembali dari AWAL dan terus lakukan hingga bayangan Tugas kita sangat jelas dan nyata.

Ini salah satu cara yang ampuh dalam memecahkan tugas Anda ke beberapa bagian, sehingga akan terasa lebih mudah dilakukan. Masalah utama ada pada Langkah Pertama kita dalam melakukan sebuah tugas tertentu, sehingga ini lah yang mengarah kepada Penundaan (Procrastination) yang sering menjadi masalah kita. Setelah kita berhasil melakukan latihan ini, maka tugas2 kita akan lebih banyak terselesaikan, Procrastination pun akan hilang dari kamus diri kita.

Selamat Mencoba, semoga hal ini bermanfaat.

Dirangkum dan Translasi dari Lifehacker.com

Regards,

Andi Wu

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *